Jumat, 11 Maret 2011

Pabrik Toyota, Honda dan Nissan Rusak

TOKYO, KOMPAS.com - Gempa yang memicu Tsunami melanda Sendai, Jepang Timur membuat tiga produsen otomotif,  yakni Toyota Motor Corporation (TMC), Honda Motor Company (HMC) dan Nissan Motor Company (NMC) terkena dampak. Seluruh kegiatan produksi di ketiga produsen tersebut terpaksa berhenti total.
Juru bicara TMC, seperti dilansir bloomberg, hari ini (11/3) mengatakan, seluruh kegiatan produksi Toyota dihentikan di Miyagi Prefecture, terhitung hari ini. Kapasitas pabrik ini mencapai 120.000 unit per tahun dan Toyota tengah memproduksi hatchback Yaris. Kondisi ini, membuat TMC langsung menghentikan aktivitas ekspor Yaris, Scion Xb dan Scion XD ke Amerika Serikat.
Toyota terus mengevakuasi pekerjanya di pabrik yang terkena dampak gempa bumi, termasuk  perusahaan mitranya Kanto Auto Works Limited dan Central Motors Company. "Sampai kini situasi masih bergejolak dan kami masih mengumpulkan informasi terkini," jelas Dion Corbett, seperti dilansir autonews, hari ini.
Selain TMC, beberapa pemasok komponen otomotif termasuk Toyota Boshoku Corporation dan Denso Corporation-produsen komponen otomotif terbesar di Jepang-juga malakukan hal sama. Goro Kanemasu, juru bicara Denso Corporation di Jepang mengatakan, pabrik yang masih dalam proses pembangunan di sebelah selatan Miyagi, rusak. Tapi, menurut Goro, seluruh karyawan pabrik telah berhasil diungsikan ke lokasi yang aman.
Sementara itu dilaporkan seorang pria dan wanita, karyawan HMC tewas di pabrik Tochigi, wilayah Kanto, dekat Utsunomiya. Aktivitas pabrik dihentikan di mana Honda memproduksi baterai untuk mobil hibrida dan pusat penelitian dan pengembangan. Sedangkan Nissan Motor Company masih mengumpulkan data kerusakkan yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar