Jumat, 11 Maret 2011

4 Juta Gedung Mati Lampu, Tokyo Gelap Gulita

Jakarta - Sekitar empat juta gedung di Tokyo dan sekitarnya mengalami mati listrik. Suasana kota yang biasanya gemerlap itu kini gelap gulita.

"Menurut NHK Jepang, lebih dari empat juta gedung di Tokyo dan sekitarnya kehilangan daya setelah gempa dahsyat yang mengguncang," demikian dilansir The Age, Jumat (11/3/2011).

Selain listrik, infrastruktur yang terganggu adalah telekomunkasi dan transportasi. Komunikasi melalui telepon baik kabel maupun seluler sangat sulit dilakukan.

Operasional kereta super cepat Shinkansen juga dihentikan akibat gempa berkekuatan 8,9 yang sempat membuat warga Jepang panik itu. Kerusakan diperparah akibat tsunami 4-10 meter yang menerjang di sejumlah wilayah di negeri kepulauan itu.

Kondisi kota Tokyo saat ini juga kacau karena gedung-gedung di sejumlah area mengalami kerusakan yang cukup parah setelah diguncang gempa sangat dahsyat.

Gempa diikuti tsunami telah membuat kota-kota di Jepang luluh lantak. Api dengan ketinggian sekitar delapan kaki menerjang ruman-rumah, pabrik-pabrik, dan gedung-gedung di negara tersebut.

Negara-negara di laut Pasifik telah mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa dahsyat di Jepang. Tsunami diperkirakan mencapai Indonesia bagian timur pada pukul 18.30 WIB dengan ketinggian maksimal 1,5 meter.

(ken/nrl)


http://www.detiknews.com/read/2011/03/11/165643/1589754/10/4-juta-gedung-mati-lampu-tokyo-gelap-gulita?nd992203605

Tidak ada komentar:

Posting Komentar