Jumat, 11 Maret 2011

PM Jepang: Lakukan Apa Saja untuk Membantu Perkecil Kerusakan!

Jakarta - Respons pemerintah Jepang dalam menghadapi gempa dan tsunami sangat sigap. Perdana Menteri Jepang Naoto Kan membentuk tim tanggap darurat gempa untuk membantu para korban.

"Kami akan membantu warga untuk memperkecil kerusakan," kata Naoto dalam jumpa pers yang digelar di Tokyo, Jumat (11/3/2011). Naoto meminta tim cepat bekerja untuk memperkecil kerusakan.

"Kami minta cepat bekerja dan lakukan apa saja yang memungkinkan untuk memperkecil kerusakan," kata Naoto seperti dilansir The Age.

Sebelum gempa dahsyat berkekuatan 8,9 skala richter (SR) hari ini, Jepang telah diguncang gempa dengan kekuatan besar beberapa hari terakhir ini. Termasuk gempa berkekuatan 7,3 SR pada Rabu lalu.

Saat ini kondisi sebagian wilayah Jepang rusak akibat gempa dan tsunami. Infrastruktur di negara maju itu rusak berat termasuk listrik, jaringan komunikasi dan transportasi.

Sementara itu di Tokyo saat ini juga kacau karena gedung-gedung di sejumlah area mengalami kerusakan yang cukup parah setelah diguncang gempa sangat dahsyat. 4 juta gedung mati lampu sehingga kota yang sebelumnya selalu gemerlap itu kini gelap gulita.

Gempa diikuti tsunami telah membuat kota-kota di Jepang luluh lantak. Api dengan ketinggian sekitar delapan kaki menerjang ruman-rumah, pabrik-pabrik, dan gedung-gedung di negara tersebut.

Negara-negara di laut Pasifik telah mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa dahsyat di Jepang. Tsunami diperkirakan mencapai Indonesia bagian timur pada pukul 18.30 WIB dengan ketinggian tak lebih 1 meter.

(ken/nrl)


http://www.detiknews.com/read/2011/03/11/171423/1589780/10/pm-jepang-lakukan-apa-saja-untuk-membantu-perkecil-kerusakan?9911022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar